Penyakit Penuaan Dini Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

PENYAKIT PENUAAN DINI DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA


tips mengobati penuaan dini

PENUAAN DINI ADALAH…?

Penuaan dini merupakan sebuah proses penuaan kulit yang terjadi ebih cepat dari yang seharusnya. Penuaan yang dimaksud bisa berupa timbulnya kerutan di kulit wajah, yang seharusnya belum muncul pada usia yang bisa dibilang masih terhitung muda. Hal ini bisa terjadi akibat dari beberapa faktor penyebab, baik secara internal ataupun eksternal.

Faktor internal sendiri itu seperti terjadinya gangguan yang terjadi dalam tubuh, contohnya seseorang yang mengalami sakit begitu lama serta kurangnya asupan nutrisi serta gizi yang seharusnya di dapat. Faktor eksternal terjadi akibat dari beberapa faktor seperti, terkena paparan sinar matahari, polusi, asap rokok, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan lainnya.

TANDA GEJALA TERJADINYA PENUAAN DINI

Penyakit penuaan dini sangat gampang untuk di deteksi dari tanda gejala yang timbul, berikut ini merupakan tanda gejala yang paling sering terjadi pada mereka yang mengalami penuaan dini :

Pori-pori lebar

Pori – pori kulit yang lebar bisa diakibatkan oleh menumpuknya sel – sel kulit mati. Jika hal ini terjadi kepada orang yang memiliki usia yang cukup dewasa, hal ini masih tergolong normal. Sedangkan jika hal ini terjadi kepada anda yang notabene masih memiliki usia dibawah 30an, ada baiknya melakukan perawatan kulit untuk mengangkat sel – sel kulit mati yang ada.

Keriput

Seseorang yang sudah tua biasanya memiliki ciri khas yakni timbulnya kriput – kriput di kulit, jika anda memiliki kriput di usia anda yang terbilang masih muda, maka mulailah berhati – hati. Hal ini bisa terjadi akibat dari beberapa hal, ada yang karena sering terkena paparan sinar matahari langsung, karena kebiasaan buruk merokok dan mungkin karena polusi yang sangat mudah ditemukan.

Noda kehitaman

Noda hitam yang terlihat pada kulit wajah biasanya diakibatkan oleh seringnya terkena paparan sinar matahari langsung. Mereka yang berusia di atas 40 tahun akan sangat mudah mengalami hal ini, namun tak menutup kemungkinan mereka yang masih mudapun bisa mengalami hal yang sama.

Kulit kasar

Kulit kasar bisa timbul akibat seringnya kulit menerima paparan sinar matahari secara langsung. Radiasi dari sinar matahari dapat merusak kandungan kolagen serta elastin pada kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi kasar.

PENYEBAB PENUAAN DINI

Ada banyak pemicu atau faktor penyebab seseorang bisa mengalami penuaan dini, nah berikut ini merupakan penyebab terjadinya penuaan dini :

Polusi

Polusi akan menimbulkan stress pada kulit, sehingga memicu perpecahan kolagen serta elastin pada kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan salah satu pemicu utama dari penuaan dini, sinar ultraviolet A dapat merusak jaringan kulit sehingga menimbulkan kriput.

Stress

Pelepasan hormon kortisol pada saat stress dapat memicu terpecahnya kolagen serta elastin.

Kurang Tidur

Seseorang yang kurang tidur biasanya lebih cepat terkena penuaan dini, hal in terjadi akibat terganggunya proses regenerasi kulit ketika tidur menjadi berkurang.

Berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama

Proses penuaan dapat sangat cepat terjadi apabila kulit anda terlalu kering, kulit kering bisa dikarenakan anda terlalu lama berada di ruangan ber ac.

Produk Perawatan Kulit

Hati – hati memilih produk perawatan kulit, terlalu banyak mengandung Retin-A, alkohol, serta asam glikolat dapat membuat kulit menjadi kering.

Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Jika anda terlalu sering membersihkan wajah, hal ini dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit sehingga dapat membuat kulit melar dan kriput.

Makanan Manis


Kandungan gula dalam darah dapat mempengaruhi pembentukan kolagen, seperti kita tahu jika kolagen dalam kulit rusak hal ini dapat merusak jaringan kulit dan akhirnya menimbulkan kriput.
at 7:27 PM

Belum ada komentar untuk "Penyakit Penuaan Dini Dan Bagaimana Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Back to Top