Penyakit Pegal Linu Dan Cara Mengatasinya

PENYAKIT PEGAL LINU DAN CARA MENGATASINYA


cara mengatasi pegal linu

APA ITU PEGAL LINU…?

Pegal linu merupakan suatu reaksi tubuh sehabis melakukan pekerjaan yang berat dan menyita banyak tenaga. Sepertinya setiap orang tak pernah terlepas dari yang namanya pegal linu, baik karena bekerja terlalu keras atau karena aktivitas olahraga yang berlebih. Pegal linu biasanya akan timbul pada bagian persendian serta otot yang terasa kaku. Pemicunya bermacam – macam, selain karena aktivitas yang berat, duduk yang terlalu lama pun bisa menjadi pemicunya.

PENYEBAB PEGAL LINU

Ketika seorang duduk terlalu lama, mengangkat beban yang terlalu berat, kurang olahraga, posisi yang salah ketika beraktivitas, tegang akibat emosi yang memuncak dapat memicu penyakit pegal linu ini. Sedangkan nyeri yang terasa ketika anda merasa pegal linu disebebkan oleh terjadinya kerusakan pada mikroskopis yang terdapat pada otot bagian dalam, yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya.

Selain hal yang saya sebutkan di atas, ada beberapa penyebab penyakit pegal linu ini. Berikut merupakan informasinya :
  • Terjadinya penumpukan zat asam laktat pada otot
  • Tdak seimbangnya kandungan mineral (kalsium, kalium, magnesium dan natrium) yang biasanya berfungsi untuk mengontrol antara kontraksi serta relaksasi
  • Pernah menjalani pengobatan tertentu yang bersifat diuretik
  • Menurunnya fleksibilitas tubuh
  • Kesalahan posisi tubuh ketika mengangkat beban
  • Mengalami dehidrasi

CARA MENGATASI PEGAL LINU

Berikut ini merupakan cara sederhana untuk mencegah terjadinya pegal linu di dalam tubuh :

Olahraga yang rutin

Istirahatkan badan anda, ketika rasa pegal tersebut sudah mulai hilang lakukan olahraga ringan. Renang mungkin menjadi salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan rasa pegal yang terdapat dalam tubuh anda.

Perubahan aktifitas

Ketika anda mengalami pegal linu ada baiknya latihlah diri anda untuk melakukan perubahan pada cara hidup anda, baik itu memperbaiki posisi tidur, posisi ketika mau duduk, ketika duduk atau ketika anda ingin berdiri dari tempat duduk anda.

Konsumsi makanan bergizi

Makanan dengan kandungan gizi yang baik dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh dari yang namanya pegal linu. Mengkonsumsi air mineral bisa memperbaiki otot – otot tubuh yang tengah rusak.

Pengobatan alternatif

Melakukan pengobatan seperti akupuntur dapat mengurangkan efek atau rasa pegal yang anda rasakan seusai melakukan aktivitas berat atau ketika anda tengah mengalami pegal linu. Fungsi dari akupuntur sendiri adalah untuk memperbaiki sistem pengaliran darah di dalam tubuh, hal ini dapat membantu memperbaiki otot tubuh yang tengah pegal.

Melakukan operasi


Ada beberapa orang yang melakukan operasi sebagai langkah akhir apabila rasa pegal yang dirasakan sudah sangat parah atau kronis.

Belum ada komentar untuk "Penyakit Pegal Linu Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Back to Top