Gejala Penyakit Tipes Typus Tifus Penyebab Serta Pengobatannya

gejala penyakit tipes

Gejala penyakit tipes, typus, tifus, penyebab serta pengobatannya, Penyakit Tipes atau thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus).

Kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Tanda gejala awalnya adalah, meningkatnya panas pada tubuh. Diiringi rasa nyeri pada persendian atau pada bagian lainnya. Hal itu terjadi dalam waktu seminggu atau bahkan lebih.  Dampak pada kesehatan adalah, biasanya, demam akan turun pada waktu paginya lalu malamnya akan naik lagi. Begitu seterusnya dari hari kehari. 

Pada fase pertama biasanya diawali dengan demam, nyeri pada kepala dan radang di tenggorakan sehingga sulit untuk buang air besar dan pada keadaan berat adanya tingkat kesadaran yang mulai menurun pada penderita dan penderita tersebut akan semakin merasakn sakit di seluruh tubuhnya. Jika Anda mengalami hal seperti ini sebaiknya segera dicegah dan diobati.

Dikutip dari health.detik.com. Tanda gejala umum yang sering terjadi pada penderita penyakit tipes ini ada 5, yakni :

Sakit perut, mual dan muntah

Orang yang menderita tifus biasanya akan mengalami sakit perut di sebelah kiri, di mana terdapat usus 12 jari yang mengalami infeksi. Sedangkan maag, rasa sakit terasa di perut bagian atas atau ulu hati.

Perubahan pola BAB

Pada orang tifus akan disertai dengan perubahan pola BAB (buang air besar), misalnya bergantian bisa mengalami diare saja atau justru menjadi tidak bisa buang air besar.

Demam atau badan panas

Penyakit tifus biasanya disertai dengan demam atau badan panas selama beberapa hari. Suhu tubuh bisa menjadi sangat tinggi hingga 40 derajat celsius, disertai dengan sakit kepala, lemas dan lemah.

Denyut nadi melambat

Umumnya kalau orang panas maka denyut jantungnya akan meningkat sebesar 10 persen setiap kali terjadi kenaikan suhu tubuh sebesar 1 derajat celsius, tapi tidak halnya bagi demam tifus. Pada orang yang kena tifus denyut nadinya justru melambat. Hal ini karena ada adanya toksin (racun) dari kuman tifus yang menyebabkan reaksi tersebut.

Lidah berwarna putih

Pada orang tifus lidah bagian tengah akan berwarna putih dan pinggir-pinggirnya berwarna merah, serta jika ia menjulurkan lidahnya akan terjadi tremor (lidahnya gemetar).

Itu semua merupakan tanda gejala penyakit tipes yang umum ditemui, namun pada sebagian kasus ada penambahan tanda gejala yang biasa dialami. Berikut ulasannya :
  • Gejala penyakit tipes yang lebih jarang meliputi 
  • Pendarahan dari dubur
  • Igauan
  • Diare
  • Bintik-bintik merah muda pada dada dan perut

PENGOBATAN PENYAKIT TIPES, TYPUS TIFUS SECARA ALAMI

Seperti yang sudah kita ketahui,  penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang merusak pencernaan. Untuk anda ketahui saja, ketika seseorang mengalami tipes biasanya sering mual, sehingga makanan ataupun minuman yang masuk tidak terserap oleh tubuh. Ketika hal ini terjadi, si pasien akan lemas karena tidak mendapat asupan nutrisi.

Yang pertama diperbaiki adalah sistem pencernaannya, disini saya ada sedikit berbagi tips cara mengatasinya. Belajar dari pengalaman saya menangani penderita tipes, hanya dengan waktu kurang dari seminggu, si pasien sudah bisa beraktifitas kembali. Berikut caranya :

Asupan :
  • Madu Cerna (B2)
  • Madu Mengkudu (B5)
  • XAMthone Plus (B15)

Langkahnya :
  1. Campur Madu cerna dengan air hangat kuku satu gelas. Kemudian minum perlahan sampai habis.
  2. Berikan asupan karbohidrat seperti bubur yang agak sedikit encer dan masih hangat, konsumsi sedikit sedikit.
  3. Selang 2 jam setelah mengkonsumsi campuran Madu Cerna (B2), kita buatkan campuran Madu Mengkudu (B5) dengan air hangat kuku satu gelas. Kemudian minum perlahan sampai habis.
  4. Berikan kembali asupan karbohidrat seperti bubur yang agak sedikit encer dan masih hangat, konsumsi sedikit sedikit.
  5. Lakukan langkah tersebut sampai beberapa hari sampai mualnya sudah mulai menghilang. Setelah itu baru kita beri asupan XAMthone Plus yang dicampur air. 3 sloki XAMthone ditambah air satu cangkir diminum perlahan 15 menit sebelum mengkonsumsi bubur.

Manfaat produk :
  • Madu Cerna (B2) berfungsi untuk memperbaiki pencernaan yang terinfeksi bakteri dari penyakit tipes ini. Madu Cerna (B2) ini juga berperan untuk menurunkan demam pada si pasien.
  • Madu Mengkudu (B5) berfungsi untuk menekan pertumbuhan bakteri di dalam sistem pencernaan si pasien.
  • XAMthone Plus berfungsi untuk menghancurkan atau membunuh bakteri yang ada di dalam perut (tubuh) pasien.

Semua produk dari kami itu sudah memiliki ijin dari BPOM, serta sudah terlegalisir sebagai produk yang Halal dari dewan MUI. Jika anda memiliki pertanyaan atau butuh informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi :

NI KADEK LINDA YUNITA SARI 


082237652267 PIN BB : 575444F8

Belum ada komentar untuk "Gejala Penyakit Tipes Typus Tifus Penyebab Serta Pengobatannya"

Post a Comment

Back to Top