Penyebab Penyakit Lupus Yang Masih Menjadi Tanda Tanya?

Penyebab penyakit lupus yang masih menjadi tanda tanya besar dalam dunia kedokteran saat ini. Banyak ilmuan yang masih meneliti dan belum menemukan apa yang sebenarnya menjadi pemicu atau penyebab penyakit lupus yang kini semakin banyak ditemui di sekitar kita. Kali ini saya ingin berbagi informasi kepada sobat semua mengenai apa yang menjadi faktor - faktor pemicu penyakit lupus ini. Kenapa saya tulis faktor? ya itu kembali lagi karena samapai saat inipun para ahli belum menemukan sebab yang pasti dari penyakit ini. Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai penyebab penyakit satu ini, ada baiknya kita mengetahui apa sebenarnya penyakit lupus itu.


PENYAKIT LUPUS ADALAH...

Penyakit lupus adalah penyakit auto imun. jika Anda berjalan - jalan di blog saya, Anda akan menemukan artikel saya yang membahas mengenai penyakit lupus. Berikut merupakan linknya untuk menuju artikel saya tersebut: http://penyakit-mu.blogspot.com/2013/10/penyakit-lupus-gejala-serta-cara-untuk.html 

Penyakit lupus dalam bahasa latin memiliki arti (srigala), saya juga kurang tau kenapa disebut demikian dan dalam bahasa inggris disebut Lupus Erythematosus. Penyakit lupus adalah sebuah penyakit kelainan fungsi atau kesalahan fungsi dalam tubuh yang mengakibatkan kerusakan pada sistem tubuh yang lainnya. Kesalahan fungsi tubuh ini terjadi pada sistem kekebalan, dimana imunitas (dalam bahasa inggris) yang seharusnya berfungsi untuk menjaga serangan benda asing yang masuk ke tubuh menjadi sangat hipersensitif, sehingga menyebabkan suatu reaksi yang malah membahayakan tubuh itu sendiri. Simplenya, sistem tubuh menyerang tubuh kita sendiri.

Sangat berbeda dengan penyakit HIV / AIDS yang dimana penyakit tersebut diakibatkan oleh serangan virus (benda asing), sehingga menyebabkan suatu masalah yang sangat fatal karena sistem imunitas kita tidak kuat dan cenderung lama kelamaan akan semakin melemah oleh serangan virus tersebut. Penyakit lupus juga mengakibatkan kerusakan dalam sistem dan jaringan organ tubuh, menyebabkan pembengkakan pada sebagian organ seperi sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, pembuluh darah serta otak.

GEJALA PENYAKIT LUPUS

Saya akan ulas sedikit mengenai gejala penyakit lupus ini, jika anda sempat silahkan mampir juga ke artikel saya yang berjudul "Gejala Penyakit Lupus". Carilah di kolom search / pencarian yang ada di sebelah kanan atas blog ini. Mengenai gejala penyakit lupus akan saya bahas sedikit saja pada artikel ini, hanya untuk mengingatkan saja...:)

Gejala penyakit lupus pada awalnya agak sulit di deteksi, akan anda sadari ketika penyakit ini sudah mulai parah. Sebenarnya ada beberapa tanda gejala penyakit lupus yang mungkin anda rasakan dan patut anda curigai demi perlindungan serta penanganan yang lebih cepat. Berikut ini merupakan tanda gejala penyakit lupus yang bisa anda amati :
  • Sariawan
  • Peradangan pada jantung
  • Pembengkakan pada sendi
  • Gangguan mental
  • Kurang darah
  • Dan yang terakhir adalah timbulnya buterfly rush atau bercak merah yang membentuk pola seperti kupu kupu.

PENYEBAB PENYAKIT LUPUS

Kini kita akan konsern membahas mengenai faktor pemicu atau penyebab penyakit lupus ini. Meskipun dokter dan para ahli medis belum mengetahui secara jelas apa yang menjadi penyebab penyakit lupus ini, namun faktor resikonya sudah mereka perhitungkan. Dan kali ini saya akan bagikan kepada anda agar bisa lebih mewaspadai faktor penyebab penyakit lupus ini. Berikut merupakan ulasannya :
  • Jenis kelamin, penyakit lupus umunya di derita oleh kaum wanita.
  • Usia, Meskipun tidak menutup kemungkinan segala usia bisa terkena penyakit ini baik dari bayi sampai orang tua sekalipun, namun condong penyakit ini menjangkiti seseorang yang berusia 15 - 40 tahun saja.
  • Ras, Banyak kasus penyakit lupus ini yang dominan terkena adalah dari ras Afrika, Hispanics dan Asia.
  • Obat - Obatan, Tak jarang penyakit ini juga dapat dipicu oleh beberapa obat yang mempunyai kandungan cukup keras seperti antipsychotic chlorpromazine (obat tekanan darah tinggi) dan lain sebagainya.
  • Infeksi virus Epstein-Barr
  • Terkena zat kimia tertentu
at 5:50 AM

8 komentar untuk "Penyebab Penyakit Lupus Yang Masih Menjadi Tanda Tanya?"

  1. Nice Info Gan
    Salam Blogger

    Kunjungi Juga Blog Ane
    Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
    http://habuzerijellygamatgold-g.blogspot.com/2014/12/cara-menurunkan-tekanan-darah-tinggi-secara-alami.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Kunjungan Silaturahmi
    Salam Sehat Gan

    Kunjungi Juga Artikel Saya
    Obat Herbal Kanker Serviks
    http://obatjellygamatgoldg.net/obat-herbal-kanker-serviks/

    ReplyDelete
  3. Terimkasih Infonya
    kunjungi juga web saya http://obatjellygamatgoldg.net/

    ReplyDelete
  4. Terimkasih Atas Infonya Sangat Bermanfaat,.
    Kunjungi Juga web saya http://jellygamat-gold.net/

    ReplyDelete
  5. Arigatou
    Info Yang Sangat Menarik
    Update Terus

    http://jellygamat-gold.net/

    ReplyDelete
  6. lengkap sekali infonya...
    https://demamrematik.wordpress.com/2015/01/10/obat-herbal-buat-penyakit-lupus/

    ReplyDelete

Back to Top