PENYAKIT TEKANAN DARAH TINGGI, GEJALA DAN PENGOBATANNYA

PENYAKIT TEKANAN DARAH TINGGI, GEJALA DAN PENGOBATANNYA

pengobatan tekanan darah tinggi

XAMthone Plus merupakan solusinya, dengan bahan alami dari ekstrak kulit manggis serta ditambah bahan lainnya seperti buah anggur, buah apel, bunga rosella serta madu, menjadikan XAMthone Plus penuh manfaat. XAMthone Plus berfungsi sebagai anti aging, anti jamur, anti virus, anti bakteri, dan sangat baik untuk meregenerasi sel – sel di dalam tubuh.

APA ITU PENYAKIT TEKANAN DARAH TINGGI…?

Tekanan darah tinggi sering disebut juga hipertensi merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat tekanan darah yang dimiliki seseorang terlalu tinggi, yakni melebihi 140/90 mm Hg. Hipertensi sendiri ada dua jenis, yakni :
  • Primer, hipertensi primer atau yang memiliki sebutan lain yakni esensial merupakan jenis penyakit hipertensi yang terjadi tanpa penyebab yang spesifik atau jelas penyebabnya. Hampir 90 – 95% penyakit hipertensi terjadi akibat dari jenis ini.
  • Skunder, hipertensi skunder merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat adanya suatu serangan dari penyakit lain, misalnya saja stress, sakit ginjal, preeklamsia serta apnea yakni kondisi sesak yang dirasa pada saat tidur.

Hipertensi sendiri sangat berpotensi untuk meningkatkan faktor resiko kematian serta penyakit. Jika tidak mendapatkan pertolongan dengan cepat, hampir rata – rata 70% pasien akan meninggal akibat dari serangan jantung koroner, serta 15% akibat rusaknya jaringan otak, serta 10% lagi akan terkena gagal ginjal. Kabar gembiranya, hingga kini faktor keberhasilan penyembuhan dari penyakit ini sudah mencapai angka 50%.

TANDA GEJALA PENYAKIT TEKANAN DARAH TINGGI

Tanda gejala dari penyakit hipertensi ini terbagi atas dua, untuk hipertensi primer biasanya gejala akan muncul ketika si penderita hampir memasuki masa kronisnya. Sementara jika pada jenis yang skunder tanda gejala biasanya akan lebih cepat dan jelas terasa, yang membedakan adalah ketika anda berdiri terkadang tekanan darah akan menjadi normal. Nah berikut ini merupakan  tanda gejala yang biasa terjadi :
  • Sakit kepala, yang paling sering dirasa sewaktu pagi hari setelah bangun tidur
  • Perasaan bingung
  • Telinga yang berdengung
  • Jantug yang berdebar - debar
  • Penglihatan yang kabur
  • Mimisan
  • Hemanutrisia, yakni suatu keadaan dimana keluarnya darah yang bercampur di urin
  • Tidak mengalami perubahan tekanan darah walau berganti posisi

PENYEBAB PENYAKIT TEKANAN DARAH TINGGI

Faktor keturunan

Jika orang tua anda merupakan seseorang yang mengidap hipertensi, anda berkemungkinan besar akan terkena peyakit yang sama juga.

Faktor usia

Ketika seseorang bertambah usia biasanya orang akan semakin rentan terkena serangan penyakit, terutama hipertensi. Kenapa hal ini bisa terjadi?, hal ini terjdi akibat menurunnya elastisitas pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan, yang berujung meningkatnya tekanan darah.

Gender

Ketika masih berusia 45 tahun, kecenderungan faktor resikonya sama. Namun ketika berada pada usia diatas 45 tahun kecenderungan wanita lebih beresiko terkena penyakit ini.

Kurang bergerak

Ketika seseorang kurang bergerak, hal yang mungkin terjadi adalah penyempitan pada pembuluh darah. Hal inilah yang dapat memicu tekanan darah menadi naik.

Pola makan

Makanan yang berkalori tinggi, mengandung lemak serta gula yang tinggi dapat memicu tekanan darah menjadi naik. Dan yang terakhir adalah garam, garam yang dikonsumsi terlalu banyak menyebabkan cairan di dalam tubuh menjadi berkurang, dan menyebabkan meningkatnya tekanan darah.

Berat badan berlebih, obesitas

Ketika seseorang memiliki berat tubuh yang tidak ideal, biasanya akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.

Mengkonsumsi alkohol

Alkohol merupakan pemicu naiknya kadar triglisinia, triglisinia sendiri adalah kandungan lemak jahat. Hal ini bisa meningkatkan tekanan darah tinggi.

Stress

Ketika seseorang tengah mengalami kondisi stress tinggi biasanya akan mengalami tekanan darah yang tinggi di dalam tubuh. Ketika stress adrenalin biasanya meningkat, dan jantung memompa darah ebih cepat sehingga tekanan darah pun ikut meningkat.

Faktor penyakit

Ketika seseorang mengalami gangguan akibat dari penyakit seperti apnea atau sesak nafas sewaktu tidur dapat meningkatkan tekanan darah.

TIPS BAGI PENDERITA PENYAKIT TEKANAN DARAH TINGGI

Pada penyakit hipertensi skunder, yang musti dilakukan adalah dengan cara mengatasi penyebab terjadinya. Berbeda dengan penyakit hipertensi primer yang tidak memiliki penyebab yang spesifik, pada tipe ini kita bisa atasi dengan cara mengetahui faktor resiko penyebabnya, berikut ini merupakan cara untuk mengatasi penyait hipertensi primer :
  • Jika anda adalaha seorang perokok, ada baiknya hetikan kebiasaan ini
  • Bila anda mengalami kegemukan, turunkan hingga batas yang ideal
  • Kurangi konsumsi garam, hingga 100 mmol/hari
  • Olahraga yang rutin 15 – 30 menit sehari.
  • Stabilkan kadar gula, jika anda adalah seorang yang terkena diabetes

Belum ada komentar untuk "PENYAKIT TEKANAN DARAH TINGGI, GEJALA DAN PENGOBATANNYA"

Post a Comment

Back to Top