TIPS MENGATASI BATUK YANG SUDAH KRONIS

TIPS MENGATASI BATUK YANG SUDAH KRONIS

cara mengatasi batuk kronis


BATUK ADALAH

Batuk merupakan sebuah pertahanan tubuh yang berpusat pada pernapasan, ketika ada suatu benda asing yang masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan segera bereaksi untuk melawannya. Bentuk reaksi tubuh ketika ada benda asing yang masuk pada saluran pernapasan, seperti adanya lendir, makanan atau debu serta asap maka akan memicu timbulnya batuk.

TIPS UNTUK MEREDAKAN BATUK

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk meredakan batuk yang tak kunjung sembuh, simak infonya dibawah ini :

Mengkonsumsi madu

Menurut sebuah penelitian yang sempat dilakukan para ahli, disebutkan bahwa menikmati satu sendok madu asli di malam hari dapat meredakan batuk. Selain meredakan batuk, madu juga dapat membuat tidur menjadi nyenyak. Ketimbang obat batuk yang tersedia di luaran sana, madu lebih efektif untuk menyembuhkan batuk.

Konsumsi air putih yang banyak

Ketika anda mengalami batuk biasanya ada lendir yang terdapat pada tenggorokan, sehingga biasanya akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Ketika batuk, lebih baik memperbanyak mengkonsumsi air yang banyak. Fungsinya adalah untuk mengencerkan lendir yang terdapat pada tenggorokan.

Mengkonsumsi permen obat batuk

Seiring perkembangan jaman, kini sudah tersedia permen obat batuk yang dapat meredakan atau menghilangkan rasa tak nyaman pada area pernapasan. Namun sebagai catatan, jangan terlalu banyak mengkonsumsi permen jenis ini, karena sifatnya yang hanya untuk meredakan batuk secara sementara.

Uap

Mandi dengan uap atau air panas sangat membantu dalam proses penyembuhan batuk. Selain batuk, demam, alergi, serta asma pun akan ikut terbantu dalam proses penyembuahannya.

Hindari pemakaian parfum

Ketika anda batuk, sebaiknya hidari pemakaian parfum, deodoran atau semacamnya yang dapat memicu iritasi sinus.

Hindari rokok

Batuk juga dapat dipicu oleh kebiasaan buruk seperti merokok. Tenggorokan yang kering merupakan indikasi awalnya, jadi sebaiknya berhenti merokok untuk menjaga kesehatan anda.

Makan sehat

Pola makanan yang buruk dapat memicu batuk, makanan manis, asin, olahan susu, bertepung dapat memperburuk kondisi fisik. Sebaiknya ganti makanan tersebut dengan sayuran serta buah – buahan.

Akar licorice

Akar licorice merupakan bahan yang sangat manjur untuk meredakan batuk, untuk mengkonsumsinya anda cukup mencampurkannya dengan teh maupun anda celupkan di air yang mendidih. Atau jika anda ingin mengkonsumsinya dengan madu juga bisa.

Belum ada komentar untuk "TIPS MENGATASI BATUK YANG SUDAH KRONIS"

Post a Comment

Back to Top